Dengan hasil raihan podium 2 Joan Mir pada gelaran MotoGP Emilia Romagna Misano menjadikan gap point antara Joan Mir dengan pimpinan sementara dalam perebutan gelar pembalap terbaik motoGP semakin sengit. karena tambahan 20 poin yang disumbangkan pada saat race tersebut membuat gap antara Joan Mir dan pimpinan sementara yaitu Andrea Dovizioso menjadi hanya 4 point saja.

Hal tersebut ditambah dengan performa Joan Mir yang cukup Konsisten pada Gelaran MotoGP 2020 ini dan tidak ikut sertanya Marc Marquez dalam sisa ajang balap MotoGP pada tahun ini dikarenakan proses penyembuhan patah tulang akibat kecelakaan pada awal musim menjadikan Joan Mir memiliki peluang yang cukup besar dalam memperebutkan titel pembalap terbaik MotoGP tahun 2020.

Selain karena tidak ikutnya Marc Marquez dalam sisa gelaran MotoGP tahun ini, Joan Mir memiliki kesempatan yang sangat besar dikarenakan masih belum konsistennya pembalap pabrikan Ducati yaitu Dovizioso dalam menjalani sisa musim balapan tahun ini. dan pada gelaran MotoGP Emilia Romagna Misano hanya menempati posisi ke 8 dan hanya memperoleh 8 poin dalam balapan tersebut.

Fabio Quartararo yang menempati posisi kedua dengan selisih 3 poin dari Joan Mir juga hanya menempati posisi ke 4 dalam balapan pekan lalu dengan torehan poin 13. Sementara kejutan lain datang dari para pembalap pabrikan Austria baik itu dari tim Red Bull KTM Factory maupun dari tim Red Bull KTM Tech 3 yang dalam beberapa seri belakangan dapat bertarung dengan pabrikan lain untuk memperebutkan podium pada setiap gelaran MotoGP.