JavaRiderMags – Kualifikasi MotoGP seri Catalunya baru saja berakhir untuk kelas utama MotoGP dengan menobatkan duo pembalap pabrikan Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo menjadi pengisi grid 1 dan 2 disusul Valentino Rossi diposisi ketiga sebagai penutup pembalap yang menempati grid terdepan pada pagelaran balapan esok hari.

Padas sesi kualifikasi hari ini terjadi perebutan pengisi pole position yang sangat sengit antar pabrikan yamaha dan ducati. tetapi duo pembalap Petronas Yamaha berhasil menjadi yang terdepan pada perebutan pemuncak grid balapan esok hari. Sedangkan pembalap Yamaha yang lain Maverick Vinales harus puas menempati posisi ke lima dengan selisih waktu 0,5 detik dari Morbidelli.

Pabrikan Ducati menempati urutan keempat dengan pembalap asal Australia Jack Miller dan Johan Zarco menempati urutan keenam sebagai pembalap tim satelit mereka. Sedangkan pembalap tim pabrikan mereka harus puas dengan posisi kesembilan dengan diisi oleh Danillo Petrucci sedangkan Andrea Dovisiozo harus memulai balapan pada posisi ketujuh belas.

Kejutan hadir dari pabrikan asal Austria dengan Pol Espargaro menempati urutan ketujuh dan Brad Binder pada posisi kesepuluh dan pembalap dari pabrikan Suzuki yaitu Joan Mir yang seri lalu bisa podium 3 menempati posisi kedelapan dan dapat menjadi kuda hitam pada balapan esok hari. Sedangkan pembalap pabrikan Honda Alex Marques harus puas diposisi kedelapan belas dan Brad Binder diposisi dua puluh.